Implementasi Kurikulum 2013

Kemdikbud sudah menetapkan 6,326 sekolahyang terdiri dari 2,598 jenjang SD, 1437 jenjang SMP, 1270 jenjang SMA dan 1021 SMK untuk menjadi sekolah sasaran Implementasi Kurikulum 2013 pada tahun pelajaran 2013/2014 . Disamping itu sekolah-sekolah yang tidak ditunjuk diberi kesempatan untuk mendaftarkan diri melaksanakan kurikulum 2013 pada tahun pelajaran 2013/2014.

Untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 Kemdikbud telah menyusun jadwal pelatihan mulai dari Instruktur Nasional pada tanggal 30 juni s.d 3 Juli 2013, Pelatihan guru Inti yang akan dilaksanakan di 6 kota pada tanggal 4 s.d 8 juli 2013 dan pelatihan guru sasaran pada tanggal 9 s.d 13 Juli 2013 di LPMP masing-masing provinsi. Pelatihan dilaksanakan hanya untuk 3 mata pelajaran, yaitu matematika, sejarah dan bahasa indonesia.

Kalau dilihat dari jadwal pelaksanaan, terutama untuk guru sekolah sasaran, waktunya terlalu mepet dengan pelaksanaan tahun pelajaran. Pelatihan baru selesai 2 hari sebelum tahun pelajaran dimulai, padahal perubahan pada kurikulum 2013 cukup drastis, baik menyangkut standar isi, proses pembelajaran maupun penilaian. Apa lagi untuk jenjang SMA penjurusan, yang dalam kurikulum 2013 diganti dengan istilah peminatan dilaksanakan mulai kelas X, saat siswa baru mulai masuk belajar. Kondisi ini cukup meresahkan guru, terutama untuk guru yang akan mengajar di kelas X dan wakasek kurikulum. Mereka rata-rata belum tahu persis sosok utuh kurikulum 2013 sehingga mereka kebingungan mengenai apa yang harus dipersiapkan.

Banyak pengamat yang meragukan keberhasilan pelaksanaan kurikulum 2013. Mereka berpendapat bahwa pelaksanaan kurikulum 2013 terlalu dipaksakan dan terburu-buru. Pemerintah mengulangi kesalahan yang sama dalam setiap perubahan kurikulu: guru sebagai instrumen utama dalam pelaksanaan kurikulum diabaikan! Akhirnya yang akan terjadi, seperti jargon iklan sebuah minuman, apapun kurikulumnya, cara mengajarnya tetap sama, ceramah dan mengejar target kurikulum.

Untuk membantu guru-guru dan Wakasek kurikulum dalam mengimplementasikan kurikulum 2013, beberapa file di bawah ini bisa dipelajari:

1. Struktur dan kerangka kurikulum SMA

2. Pedoman peminatan

3. Buku pedoman guru matematika

4.Buku pedoman guru bahasa indonesia

5. Buku pedoman guru sejarah

6. Penilaian otentik

7. Pendekatan pembelajaran saintifik.

8. Struktur dan kerangka kurikulum SMK. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: