Pemanfaatan Analisis Konteks dalam Pembelajaran dan Penyusunan RKS

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan  oleh  pendidik  di  masing-masing  satuan  pendidikan  yang  berfungsi  sebagai pedoman  penyelenggaraan  kegiatan  pembelajaran  untuk  mencapai  tujuan  pendidikan tertentu. Tujuan tertentu  ini meliputi tujuan pendidikan nasional dengan kesesuaian   dan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, serta satuan pendidikan dan peserta didik.  Sangat berbeda dengan kurikulum sebelumnya, dimana sekolah hanya menerima dan melaksanakan kurikulum yang disusun dari pusat, tanpa memperhatikan kekhasan dan kondisi serta potensi daerah.

Untuk dapat menyusun KTSP dengan baik, satuan pendidikan harus memahami betul kondisi internal maupun eksternal sekolahnya. Selain itu satuan pendidikan harus mengetahui posisi sekolahnya dalam pencapaian standar nasional pendidikan (SNP) yang telah ditetapkan. Oleh karena itu dalam penyusunan  KTSP  perlu  terlebih  dahulu  dilakukan  analisis  konteks  yang
mencakup analisis:

  1. Delapan  SNP  sebagai  acuan  dalam  penyusunan  KTSP  (Standar  Isi,  Standar Kompetensi  Lulusan,  Standar  Proses,  Standar  Penilaian,  Standar  Pengelolaan, Standar Ketenagaan, Standar, Standar Sarana Prasarana dan Standar Pembiayaan;
  2. Kondisi yang ada di  satuan pendidikan yang meliputi peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana, biaya, dan program-program;
  3. Kondisi lingkungan satuan pendidikan (eksternal) misalnya: komite sekolah, dewan pendidikan,  dinas  pendidikan,  asosiasi    profesi,  dunia  industri  dan  dunia  kerja, sumber daya alam dan sosial budaya;

Selain sebagai acuan dalam penyusunan KTSP, analisis konteks juga dimanfaatkan dalam pembelajaran, penilaian dan penyusunan Rencana Kerja Sekolah (RKS) sebagai berikut:

SNP

KOMPONEN

HASIL ANALISIS

(RENCANA TINDAK LANJUT)

PEMANFAATAN

STANDAR ISI Kerangka Dasar Kurikulum Hasil Analisis Prinsip Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum Acuan melakukan review/revisi

Dokumen I

Struktur Kurikulum Analisis Struktur Kurikulum  Satdik
Beban Belajar Analisis Beban Belajar Satdik
Kalender Pendidikan Analisis jam/minggu efektif
Lamp. SI : Tujuan Mapel Analisis Ranah Kompetensi dan Substansi Materi Acuan melakukan review/revisi

Dokumen II

Lamp. SI : Ruang Lingkup Pemetaan SK-KD
Lamp. SI : SK-KD Penetapan KKM
SKL SKL Satuan Pendidikan Hasil Pemetaan pemenuhan SKL Satuan Pendidikan Penyusunan/revisi Visi, Misi, Tujuan Sekolah
SK Kelompok Mapel Hasil Pemetaan pemenuhan SK Kelompok Mapel Acuan dalam Penilaian Kelompok Mapel
SKL Mata Pelajaran Hasil Pemetaan pemenuhan SKL Mapel Acuan dalam Penilaian tiap Mapel
STANDAR PROSES Perencanaan Hasil analisis terhadap silabus dan RPP Acuan untuk review/revisi Silabus dan RPP
Pelaksanaan Hasil analisis persyaratan dan pelaksanaan pembelajaran Acuan pelaksanaan kegiatan pembelajaran (TM, PT dan KMTT)
Penilaian Hasil analisis penilaian terhadap hasil belajar peserta didik Acuan perbaikan proses pembelajaran
Pengawasan Hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran Acuan Program Pembinaan


STANDAR PENGELOLAAN Mendukung Pembelajaran dan Penilaian
STANDAR PENILAIAN Prinsip Penilaian Hasil analisis pemenuhan setiap komponen Acuan Penyusunan Rancangan Penilaian (UH, UTS, UAS dan US)
Teknik dan instrumen Penilaian
Mekanisme dan prosedur Penilaian
Penilaian oleh Pendidik Hasil analisis  Penilaian Pendidik Pelaporan hasil penilaian mapel, akhlak mulia dan kepribadian
Penilaian oleh Satdik Rancangan Pengujian Pelaporan hasil belajar tingkat satuan pendidikan
Penilaian oleh Pemerintah Salah satu kriteria kelulusan
SATDIK Mendukung Pembelajaran dan Penilaian
LINGK. EKSTERNAL Mendukung Pembelajaran dan Penilaian

Untuk lebih lengkap dalam pemanfaatan analisis konteks  bisa di download file berikut:

1. Pemanfaatan Analisis Konteks dalam Pembelajaran dan Penilaian

2. Pemanfaatan Analisis Konteks dalam Penyusunan RKS

 

Semoga bermanfaat.

5 Tanggapan

  1. Ass.Selamat siang, kunjungan pertama nih.
    Dalam rangka promosi website FE UMY maka kami sangat berharap jika saudara berkenan untuk memasang link kami dengan keyword ” FE UMY ” http://fe.umy.ac.id/ maupun portal utama kami http://umy.ac.id/ ” UMY ”
    Atas kerjasamanya kami ucapkan terimakasih yang sebesar2nya.
    Wss

  2. Seandainya semua sekolah melaksanakan ini pasti pendidikan kita akan semakin membaik. mampir ke: http://www.guruvedia.wordpress.com dan tukar link

  3. matur nuwun pk guru, ats file filenya untuk ku ambil, semoga bermanfaat dan dimanfaatkan teman teman disekolah kami

  4. waduh ni yg paling berat menurut saya,perangkat kbm yg super masih bingung cara buat rpp dll

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: