Do’a Pengampunan

Ya Allah

Tiga hal mencegahku

Dan satu hal mendesakku untuk bermohon pada-Mu

Tak sanggup kusampaikan do’a

karena seringnya aku melalaikan perintah-Mu

karena cepatnya aku melakukan larangan-Mu

karena kurangnya aku mensyukuri nikmat-Mu

Namun kuberanikan diriku bermohon pada-Mu

Karena (aku tahu)

Engkau amat pemurah kepada mereka yang menghadap-Mu

Dan menemui-Mu dengan penuh pengharapan

Semua kebaikan-Mu karunia

Semua nikmat-Mu anugerah

Inilah aku, Ya Illahi

Bersimpuh di pintu keagungan-Mu

Bergetar berserah diri pada-Mu

Kusampaikan pada-Mu, betapapun besar rasa maluku

Permohonan hamba yang papa dan jelata

Tak pernah kuakui anugerah-Mu

Kecuali dengan menghindari maksiat pada-Mu

Ya Ilahi

Masihkah berguna bagiku pengakuan dosa yang kulakukan

Dapatkah menolongku pengakuan nista yang kukerjakan

Apakah saat ini Engkau telah menjatuhkan murka-Mu

Apakah kini pada saat aku berdoa

Engkau telah menetapkan kemurahan-Mu

Wahai yang maha suci

Aku tak ’kan berputus asa terhadap-Mu

Bukankah engkau telah membukakan bagiku pintu ampunan-Mu

Bahkan ingin kusampaikan ucapan hamba

yang hina

yang menganiaya dirinya

yang meremehkan kebesaran tuhannya

yang dosa-dosanya makin membesar

bersama hari-hari hidupnya

Sehingga sampailah saat

ketika kesempatan berbuat telah terlambat

dan maut telah menjemput

Yakinlah ia tiada tempat berlari dan berlindung kecuali pada naungan-Mu

Datanglah ia menghadap-Mu

dengan ketulusan taubatnya

bersimpuh di hadapan-Mu

dengan hati yang bersih suci

menyeru-Mu

dengan suara parau dan gemetar

Ia merunduk di muka-Mu sampai melengkung punggungnya

Merunduk di depan-Mu  sampai  rebah kepalanya

Kakinya berguncang karena takutnya pada-Mu

Air matanya deras membasahi pipinya

Seraya memanggil-Mu: Ya Arhamar-Rahimin

Wahai Yang Paling Kasih dari segala yang mengasihi

Wahai Yang Paling Sayang kepada para pemohon kasih sayang

Wahai Yang Paling Santun kepada para pemohon ampunan

Wahai Yang Maaf-Nya lebih sering dari siksa-Nya

Wahai Yang ridho-Nya lebih besar dari murka-Nya

Wahai Yang selalu Menganugerahkan Ampunan pada makhluk-Nya

Wahai Yang selalu menerima Taubat hamba-Nya

Wahai Yang Memperbaiki pedosa dengan ampunan

Wahai Yang Rido dengan amal hambanya yang kurang

Wahai Yang Membesarkan amal yang kecil

Wahai Yang Menjaminkan ijabah do’a

Wahai Yang Menjanjikan sebagus-bagusnya imbalan

Bukanlah aku pendosa besar yang Engkau maafkan

Bukanlah aku pengaku hina yang Engkau terima

Bukanlah aku pentaubat zalim yang Engkau ampunkan

Di tempat ini aku bertaubat pada-Mu

taubat orang

menyesali kelalaiannya

yang takut karena tumpukan dosanya

yang malu karena kelakuannya

yang tahu bahwa memaafkan dosa besar tidaklah menylitkan-Mu

mengampuni kesalahan yang banyak tidak menyusahkan-Mu

membebaskan yang keji tidak memberatkan-Mu

yang tahu bahwa

hamba yang paling Engkau cintai

adalah hamba yang tidak takabur pada-Mu

yang tidak mengulangi maksiat pada=Mu

yang membiasakan istighfar

Aku berlepas diri pada-Mu

Aku berlindung pada-Mu dari mengulangi maksiat

Aku istighfar pada-Mu dari kekuranganku

Aku memohon bantuan-Mu dari kelemahanku

Ya allah, limpahkan sejahtera bagi Muhammad dan keluarganya

Berikan kemampuan padaku untuk melaksanakan perintah-Mu

Ampuni aku bila melalaikan kewajibanku pada-Mu

Lindungi aku dari apa yang ditakuti orang yang berbuat salah

Sungguh, Engkau penuh ampunan

yang diharap Magfirah-Nya

yang dikenal maaf-Nya

Aku tidak mencari pemenuh hajatku selain-Mu

Aku tidak mencari pengampun dosa selain-Mu

Tidak, tidak….

Aku tidak takut kecuali pada-Mu

Engkaulah yang layak ditakuti

Engkaulah yang kayak mengampuni

Limpahkan sejahtera pada Muhammad dan keluarganya

Penuhi hajatku, laksanakan dambaku

Anpuni dosaku, tentramkan kecemasan diriku

Sungguh, engkau Mahakuasa atas segala sesuatu

Semuanya mudah bagi-Mu

Aamiin, Rabbal ’alamin.

Dikutip dari : Rintihan Suci Ahli Bait Nabi

Jalaluddin Rakhmat, Rosda Bandung. 1988

Tinggalkan Balasan

