Analisis Konteks

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) mengamanatkan bahwa setiap satuan pendidikan pada  jenjang pendidikan dasar dan menengah harus menyusun kurikulum dengan mengacu kepada Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pengelolaan, Standar Proses, dan Standar Penilaian, serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional  (Permendiknas) Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah merupakan salah satu acuan utama bagi satuan pendidikan dalam penyusunan kurikulum (KTSP). Permendiknas dimaksud dilengkapi dengan Lampiran Standar Isi yang mencakup (a) Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum, (b) Beban Belajar, (c) Kalender Pendidikan, dan  Lampiran Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran yang mencakup (a) Latar Belakang, (b) Tujuan, (c) Ruang Lingkup, (d) Standar Kompetensi, dan Kompetensi Dasar, (e) Arah Pengembangan.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh pendidik di masing-masing satuan  pendidikan yang berfungsi sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional dengan kesesuaian  dan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, serta satuan pendidikan dan peserta didik.

Dokumen KTSP terdiri atas dokumen I yang meliputi Komponen KTSP (Tujuan tingkat satuan pendidikan, Struktur dan Muatan Kurikulum, serta Kalender Pendidikan), dan dokumen II – yang meliputi silabus seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal untuk semua tingkat kelas. Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. Mengacu pada substansi silabus dimaksud, maka dalam pengembangannya harus melalui proses pengkajian/analisis seluruh substansi dokumen Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) SMA, mulai dari substansi Tujuan, Ruang Lingkup, SK dan KD mata pelajaran (Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional

Nomor 22 Tahun 2006).

Berdasarkan temuan di lapangan diperoleh data dan informasi antara lain sebagai berikut:

•  Masih banyak sekolah yang belum melakukan analisis  standar isi dan lampiran standar

isi tentang SK dan KD mata pelajaran, karena belum  memahami pentingnya dan

keterkaitan hasil analisis dalam penyusunan silabus dan perangkat pembelajaran

lainnya;

•  Pada umumnya dalam mengembangkan silabus, guru hanya mengutip SK dan KD pada

Lampiran Standar Isi (belum melakukan pengkajian/pemetaan kompetensi), karena

mereka belum memahami bahwa proses pengkajian dimaksud sangat penting dan

bermanfaat untuk merumuskan: indikator pencapaian,  materi pokok, kegiatan

pembelajaran, metode pembelajaran, penentuan bentuk dan jenis soal, serta

sumber/bahan belajar;

•  Belum semua warga sekolah memahami tata cara analisis standar isi dan lampirannya

yaitu SK dan KD;

•  Terdapat sejumlah sekolah yang telah melakukan analisis SK dan KD, tetapi belum

mendokumentasikan secara baik hasil analisisnya, karena mereka belum memahami

bahwa dokumen tersebut merupakan bagian yang tidak  terpisahkan dari dokumen

KTSP;

•  Belum ada naskah panduan yang dapat dijadikan acuan bagi sekolah untuk melakukan

analisis SK dan KD mata pelajaran secara benar dan hasil yang optimal.

Untuk mengatasi kesulitan sekolah dan membantu sekolah dalam menyusun KTSP sebagaimana yang ditetapkan oleh UU dan PP, Kementerian Pendidikan Nasional, melalui Direktorat Pembinaan SMA telah menyusun buku petunjuk teknis. Beberapa diantranya bisa didownload di bawah:

  1. PETUNJUK TEKNIS  ANALISIS STANDAR ISI SMA
  2. PETUNJUK TEKNIS  ANALISIS STANDAR KOMPETENSI LULUSAN SMA
  3. PETUNJUK TEKNIS  ANALISIS STANDAR PROSES  DI SMA
  4. PETUNJUK TEKNIS  ANALISIS STANDAR PENILAIAN DI SMA
  5. PETUNJUK TEKNIS  ANALISIS STANDAR PENGELOLAAN DI SMA
  6. PETUNJUK TEKNIS  ANALISIS STANDAR SARANA DAN PRASARANA DI SMA
  7. PETUNJUK TEKNIS  ANALISIS LINGKUNGAN EKSTERNA SATUAN PENDIDIKAN  DI SMA
  8. PETUNJUK TEKNIS  ANALISIS KONDISI  SATUAN PENDIDIKAN  DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
  9. PETUNJUK TEKNIS  PENYUSUNAN LAPORAN ANALISIS KONTEKS SEKOLAH MENENGAH ATAS
  10. PETUNJUK TEKNISPENGEMBANGAN KTSP SMA
  11. PETUNJUK TEKNISPENGEMBANGAN MUATAN LOKAL SMA
  12. PETUNJUK TEKNISPENYUSUNAN PROGRAM PENGEMBANGAN DIRIMELALUI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI SMA
  13. PETUNJUK TEKNIS PENYUSUNAN PROGRAM PENGEMBANGAN DIRIMELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA
  14. CONTOH LAPORAN ANALISIS KONTEKS
  15. Contoh Analisis Pemetaan SK/KD Matematika Kelas XII IPA
  16. Contoh Analisis Pemetaan SK/KD Seni Budaya Kelas X smt 1
  17. Contoh Analisis Pemetaan SK/KD Seni Budaya Kelas X smt 2
  18. Contoh Pemetaan Analisis SK/KD Kimia Kelas X
About these ads

18 Tanggapan

  1. Yth. Bapak Gurutisna,
    untuk materi downlload nomor 7 dan 8 kok isinya sama. Kami sangat membutuhkan materi nomor 8 untuk keperluan analisisnya. Mohon kalau Bapak tidak keberatan, file Juknis Analisis Kondisi Lingkungan Satuan Pendidikan di SMA dapat dikirmkan kepada saya lewat email saya marhencomal@gmail.com.
    Terima kasih.
    Imama Marhendro
    SMA Negeri 1 Wiradesa Kab. Pekalongan

  2. Terima kasih pak Imam, materi 8 sudah saya perbaiki, isinya file Analisis Kondisi Satuan pendidikan

  3. Terimakasih, artikel ini sangat membantu saya. Semoga idenya makin cemerlang untuk berbagi hal-hal baru bagi kami. Salam sukses untuk anda, amin…

  4. terimah kasih ilmunya pak yang sangat bermanfaat bagi saya dan mohon kalau ada yang baru lagi mohon dikirim ke email astutidyah13@gmail.com sukses selalu untuk bapak

  5. terimakasih atas ilmu yang telah disebarkan semoga Allah SWT menambahkan ilmu lagi dengan berlipat ganda dan mau berbagi ilmu, Amin

  6. pak mhn bntuannya dikirim analisis konteks semua mapel lewat email,trima ksh

  7. pak mohon analisis sk-kd bimbingan konseling sma

    • Yang saya tahu BK tidak ada analisis SK-KD karena pengembangan diri tidak masuk kelas, tapi kalau Juknis untuk pengembangan diri sudah saya upload

  8. ucapan terimakasih karena saya sangat terbantu oleh tulisan ini, semoga karyanya tetap cemerla ng dan berguna bagi orang lain. Tuhan akan membalasnya dengan pahala yang berlipat ganda.

  9. Terimakasih banget atas jerih payahnya, sungguh apa yang sudah panjenengan upayakan ini sangat membantu kami dalam upaya peningkatan pembelajaran di sekolah

  10. Terimakasih atas semua yang bapak bagikan untuk memudahkan tugas kami dan juga teman2 dimanapun berada. Semoga bapak selalu diberkati sehingga tak henti-hentinya berbagi dan membawa berkat bagi banyak orang.

  11. Nice blog

  12. Blog yang sangat bermanfaat. Terima kasih banyak.

  13. Kami sedang memperbaiki hasil analisis kontek, setelah mentok karena waktunya yang mepet, kami buka internet. Alhamdulillah ..kami sangat terbantu dengan web site ini.. minimalnya kondisi ideal tidak harus kami cari di permen..Terima kasih pa Entis atas up load-an nya…

  14. haturnuhun kang

  15. Trimah kasih atas post nya udah membantu kami dalam anakon

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.720 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: